PSIKOLOGI PENDIDIKAN

A.    Pengertian Ilmu Jiwa (Psychologi)
Psyche (berasal dari bahasa Yunani yang berarti jiwa). Jiwa dapat diartikan sebagai daya hidup rokhani yang bersifat abstrak dan menjadi penggerak, pengatur bagi setiap perbuatan pribadi manusia. Jiwa dapat juga diartikan sebagai pusat tenaga batin yang memberi nafas kehidupan manusia, dengan segenap tingkah lakunya dan membuat manusia jadi seorang individu yang unik serta berbeda dengan yang lainnya.  Jiwa bersifat abstrak yang nampak adalah gejala-gejala dari jiwa (tingkah laku).
Jadi, ilmu jiwa atau psikologi (psyche : jiwa, logos : ilmu) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  gejala – gejala jiwa dan tingkah laku manusia.
 
Ada beberapa batasan psikologi dan dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu  yang mempelajari tingkah laku dan penghayatan manusia dalam hubungannya dengan situasinya.
Yang dimaksud dengan tingkah laku adalah segala perbuatan yang nampak atau tidak, yang disadari maupun yang tidak disadari, termasuk di dalamnya adalah cara berbicara, cara berjalan, cara mengambil keputusan, dan cara beraksi.

B.     Pembagian Ilmu Jiwa
Secara garis besar dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu ilmu jiwa umum dan ilmu jiwa khusus. Disamping itu dapat dibedakan menjadi ilmu jiwa teoritis dan ilmu jiwa praktis.

1.      Ilmu jiwa umum dan ilmu jiwa khusus
a.        Ilmu Jiwa Umum
Yaitu ilmu jiwa yang mempelajari gejala – gejala jiwa dan tingkah laku manusia dewasa, normal, beradab dan tidak memandang tempat, bangsa, dan agama.

b.        Ilmu Jiwa Khusus
Yaitu ilmu jiwa yang mempelajari gejala – gejala jiwa manusia pada usia tertentu, jenis, lapangan hidup tertentu atau ilmu jiwa yang meneliti jiwa dari aspek tertentu.

2.      Ilmu Jiwa Teoritis dan Ilmu Jiwa Praktis
a.      Ilmu Jiwa Teoritis
Yaitu ilmu jiwa yang mempelajari prinsip – prinsip umum dari gejala – gejala kejiwaan. Jadi belum dikaitkan dengan praktek tertentu.

b.      Ilmu Jiwa Praktis
Yaitu ilmu yang mempelajari penggunaan teori – teori ilmu jiwa dalam praktek tertentu, misalnya dalam lapangan pendidikan, pengobatan, dsb.

C.    Tujuan Mempelajari Ilmu Jiwa
1.      Agar kita dapat mendapatkan pemahaman tentang tingkah laku manusia.
2.      Untuk menjadikan manusia hidupnya lebih baik dan lebih bahagia. 
3.   Untuk dapat memperlakukan sesama manusia dengan tepat.


Untuk mendownload materi lebih lengkap klik "download"

0 komentar:

Posting Komentar

HOME